Tips Membangun Internal Link Agar Pondasi Blog Kamu Semakin Kokoh

Jika kita membuka atau mengamati sebuah website atau blog, biasanya website tersebut memiliki menu-menu maupun tautan yang merujuk pada halaman lain dalam website tersebut atau disebut juga dengan internal link. Internal link merupakan sebuah tautan yang berada pada satu halaman website yang berfungsi sebagai navigasi yang merujuk ke halaman atau bagian lain pada website kita.

Bagi kamu yang masih pemula dalam membuat blog, tentunya kamu bisa menggunakan internal link ini untuk mengoptimalkan blog yang kamu miliki. Mau tahu caranya? Simak beberapa tips membangun internal link agar blog kamu semakin kuat di mata search engine.

Tips membangun internal link yang benar



1.    Letakkan internal link di dalam teks

Tips yang pertama yakni meletakkan internal link di dalam teks agar terlihat lebih natural. Hal ini akan membuat tulisan menjadi kaya akan kata kunci dan memiliki kemungkinan di klik lebih tinggi. Sebaiknya batasi link yang merujuk ke suatu halaman tertentu maksimal sekali saja. Daripada memasang 2-3 link ke halaman yang sama, lebih baik memasang link ke 2-3 halaman yang berbeda.



2.    Hanya menghubungkan halaman yang relevan

Tips selanjutnya yakni membuat internal link yang relevan atau merujuk ke halaman dengan topik serupa. Jangan menautkan halaman yang tidak memerlukan optimisasi seperti halaman kontak, peraturan dan tentang.

Baca juga: Ingin Blog Anda Disukai Visitor? Lakukan 5 Hal Ini


                                                                                             
3.    Berhati-hatilah menggunakan link nofollow

Jangan berlebihan memasang link nofollow untuk semua link di halaman website Anda. Link nofollow akan menggagalkan semua langkah optimisasi blog karena dianggap tidak mendistribusikan otoritas suatu halaman ke halaman lain.

4.    Batasi penggunaan site-wide link

Batasi penggunaan side-wide link seperti link pada navigasi header, sidebar dan footer di blog Anda. Penggunaan side-wide link yang berlebihan justru akan merusak struktur website dan mengurangi kenyamanan pengunjung ketika membacanya.

5.    Gunakan anchor text

Daripada menggunakan terlalu banyak kata kunci yang tidak relevan seperti “halaman ini”, “baca disini” atau “klik disini”, lebih baik menggunakan anchor text untuk menautkan ke tiap internal link. Anda bisa menyisipkan anchor text ke dalam kalimat secara natural dan gunakan secara bervariasi agar tetap enak dibaca dan tidak monoton

6.    Tambahkan widget lain di website Anda

Jika widget related post belum memberikan efek yang optimal, Anda bisa memanfaatkan Sidebar blog untuk menempatkan internal link. Anda bisa menambahkan beberapa widget lain seperti popular post atau random post untuk menambah kenyamanan pembaca memilih topik yang mereka sukai.

7.    Gunakan metode distribusi link

Jika Anda memiliki beberapa konten unggulan di blog, Anda bisa memanfaatkannya untuk mendistribusikan link ke konten baru yang kurang populer atau jarang dikunjungi pembaca. Hal ini bisa memberi kesempatan artikel baru agar bisa populer dan angka kunjungan per artikel lebih merata.

8.    Selalu utamakan kualitas demi kenyamanan pengunjung

Ketika menyisipkan internal link ke dalam sebuah tulisan, selalu utamakan kualitas dari tulisan tersebut. Sebanyak apapun internal link yang Anda buat, jika hal tersebut tidak membuat nyaman pembacanya, maka tindakan itu tidak ada gunanya.

Ingat, internal link dibuat untuk memudahkan pengunjung menjelajahi website kita bukan untuk menyulitkan mereka. Gunakan warna link yang tidak terlalu mencolok dan user friendly seperti warna biru serta sesuaikan jumlah internal link dengan panjang artikel yang Anda buat.

Itulah beberapa tips membangun internal link agar pondasi blog kamu semakin kokoh. Semoga bermanfaat dan happy blogging!



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membangun Internal Link Agar Pondasi Blog Kamu Semakin Kokoh"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus