Jangan sering mengganti template blog, jika tidak mau mengalami hal buruk ini

Sebagai blogger, anda pasti pernah merasa bosan dan menginginkan sesuatu yang berbeda agar tampilan blog anda bisa lebih segar dan lebih menarik. Jika anda hanya bosan dengan warnanya saja mungkin dengan mengedit template nya aja warna bisa berubah sesuai dengan yang anda inginkan. Tetapi, jika anda ingin merubah banyak hal, tentunya mau tidak mau anda harus mengganti template nya.

Namun, proses penggantian template blog tidak bisa dilakukan sembarangan karena bisa mengakibatkan beberapa hal buruk yang mempengaruhi kualitas blog anda. Berikut ini beberapa hal buruk yang terjadi jika anda sering mengganti template blog.

5 Hal buruk yang terjadi jika sering mengganti template blog



1.    Blog tampak berantakan dan tidak teratur

Hal buruk pertama yang bisa anda alami karena sering mengganti template blog adalah tampilan blog anda akan tampak berantakan dan tidak teratur.



Setiap template memiliki fungsi-fungsi kode program tersendiri. Ketika anda mengganti template blog, tentunya anda harus menyesuaikan konten website anda ke dalam template yang baru. Anda harus membongkar dan memasang kembali beberapa widget, java script, kode css, open graph sosmed, dan meta tag konten yang harus ditempatkan dengan benar agar bisa berfungsi dengan baik.


Jika anda salah menempatkan bagian-bagian web tersebut atau ada bagian script kode yang hilang, tampilan website anda pun akan berantakan, tidak terstruktur dan tidak menarik.

2.    Blog tampak tidak profesional dan tidak berkarakter

Tampilan blog merupakan hal penting untuk memikat pengunjung ke blog anda, tapi isi atau konten dari blog itu jauh lebih penting. Walau anda memiliki tampilan blog yang cantik, jika tidak diimbangi dengan konten yang menarik dan berkualitas, tentu saja akan mengecewakan pengunjungnya.


Jika anda terlalu sering mengganti template blog anda, pengunjung akan menilai blog anda tidak memiliki karakter dan ciri khas yang membedakan dari blog lain. Selain itu, anda akan dianggap sebagai blogger yang tidak professional karena dinilai tidak konsisten mengelola blog anda.

3.    Menurunkan kualitas seo dan serp blog

Terlalu sering mengganti template blog juga akan berpengaruh pada menurunnya kualitas seo dan serp blog yang anda miliki. Ketika anda mengganti template blog dengan yang baru, otomatis beberapa kode html tambahan untuk optimisasi seo  yang anda masukkan ke template sebelumnya akan hilang atau bisa saja tidak kompatibel dengan template yang baru.

Sebagai catatan, dibutuhkan waktu sekitar satu minggu bagi google untuk meng-crawl kembali konten blog yang ada di dalam template yang baru. Hal ini tentunya akan menurunkan hasil pencarian search engine blog anda.

4.    Waktu anda terbuang sia-sia

Apabila anda memutuskan untuk mengganti template blog, anda harus bersedia mengorbankan waktu produktif yang anda miliki untuk mencari dan mengotak-atik  template blog baru.

Semakin banyaknya template blog yang disediakan secara gratis di internet tentu menawarkan berbagai pilihan dengan berbagai kelebihan seperti tipe template yang responsif, seo dan lainnya. Karena banyaknya pilihan yang disediakan, bisa-bisa waktu anda habis hanya untuk mencoba berganti-ganti template saja.

Belum lagi jika anda kurang mengetahui tentang ilmu coding web atau blog, waktu yang anda habiskan untuk mempercantik blog bisa jadi lebih lama daripada waktu yang anda butuhkan untuk menulis satu artikel. Sungguh disayangkan karena waktu produktif anda pun terbuang sia-sia.

5.    Menurunkan traffic blog

Hal buruk terakhir yang bisa anda alami karena terlalu sering mengganti template adalah menurunnya traffic blog anda. Hal ini bisa terjadi karena pengunjung enggan melihat tampilan blog yang rumit, berantakan dan selalu berganti-ganti.

Apalagi jika anda sampai harus menutup blog ketika anda mengganti tampilan blog tersebut, maka tidak ada pengunjung yang mendatangi blog anda. Hal ini tentunya akan semakin menurunkan atau bahkan mematikan traffic blog anda.

Itulah beberapa hal buruk yang bisa terjadi jika anda terlalu sering mengganti template blog anda. Jika anda tetap ingin memperbarui tampilan blog, sebaiknya pilihlah template yang sederhana atau lakukan perubahan ringan seperti memodifikasi bagian tertentu saja.



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Jangan sering mengganti template blog, jika tidak mau mengalami hal buruk ini"

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus