Cara Mudah Menghemat Memori Internal Pada Android

Cara Mudah Menghemat Memori Internal Pada Android – Berbicara tentang memori internal merupakan sebuah media penyimpanan yang telah tersedia pada smartphone tersebut. Memori internal sangat penting sekali sebagai media penyimpanan yang ada pada smartphone android.

Dan jika memori internal pada android sudah penuh maka solusi yang tepat dan yang perlu kita lakukan yaitu melakukan penyimpanan file pada memori MicroSD. Tetapi perlu anda ketahui bahwa jika memori internal pada smartphone sudah penuh dan tidak memiliki ruang juga sangat berdampak tidak baik. Dampak tersebut seperti kita tidak bisa menginstall aplikasi kemudian juga akan membuat smartphone android menjadi lemot.

Jika hal tersebut sudah terjadi, maka langkah yang perlu dilakukan adalah dengan cara menghemat memori internal tersebut agar tetap memiliki banyak ruang. Lalu bagaimana cara menghemat memori internal pada android, berikut ini tipsnya.

Cara Mudah Menghemat Memori Internal Pada Android


1.Uninstall Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang tersedia pada market store android sangat banyak sekali yang bisa anda dapatkan dengan gratis. Tetapi  dengan begini anda jangan sampai anda menginstall banyak aplikasi tersebut untuk dipasang dismartphone android anda. Jadi sebaiknya install saja aplikasi yang sangat penting untuk anda gunakan.

Dan jika anda memiliki aplikasi yang tidak digunakan sebaiknya anda uninstall saja aplikasi tersebut. Karena juga bisa membuat memori pada smartphone kita menjadi lebih banyak ruang. Jadi sebelum itu, sebaiknya anda menentukan dulu aplikasi berdasarkan kategori seperti kamera, chat, social mediadan photo editor sebaiknya anda cukup install satu aplikasi saja pada setiap kategori tersebut.

2.Memindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal (MicroSD)

Selain anda diperlukan untuk menguninstall aplikasi yang tidak anda perlukan dan gunakan. Sebaiknya anda juga perlu memindahkan aplikasi tersebut yang ada di memori internal dan memindahkan datanya ke memori eksternal. Dengan begini juga akan menghemat memori internal yang ada pada smartphone android.

Baca juga: Cara Agar Smartphone Android Tetap Optimal

Cara memindahkannya cukup mudah, yaitu silahkan anda masuk ke “Setting” kemudian “Application” lalu “Move Application” kemudian silahkan anda pilih mana aplikasi yang ingin anda pindahkan kedalam memori eksternal. Agar lebih mudah dalam memindahkan aplikasi anda juga bisa mendownload aplikasi “Move App” di Playstore.

3.Membersihkan Cache

Cache merupakan file sampah yang dihasilkan dari aplikasi yang ada di smartphone android kita. Tetapi dengan cara ini mungkin tidak terlalu berpengaruh karena Cuma bisa menghemat beberapa mb saja. Tetapi setidaknya juga bisa anda lakukan agar memori internal anda tidak penuh.

Cara membersihkan cache pada android yaitu silahkan anda masuk ke “Setting” kemudian silahkan anda pilih “Application” lalu silahkan anda pilih mana aplikasi yang ingin dibersihkan kemudian silahkan anda pilih “Clear Cache”.

4.Menyimpan File Di Memori Eksternal

Berbicara tentang smartphone android pasti pengguna android selalu menyisipkan memori eksternal (MicroSD) pada smartphone android mereka. Hal ini dilakukan agar mereka bisa menyimpan file data seperti foto, video, music dan file lainnya agar lebih leluasa.

Oleh karena itu, sebaiknya anda menyimpan file tersebut pada memori eksternal anda. Jika anda belum memiliki memori eksternal, anda bisa menyimpan data tersebut sementara di memori PC anda. Hal ini perlu anda lakukan untuk menghemat memori internal anda.

Diatas itulah cara mudah menghemat memori internal pada android yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan menambah wawasan serta pengetahuan yang luas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Menghemat Memori Internal Pada Android"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus