Adsense Youtubers VS Adsense Blogger, Lebih Menguntungkan Mana?

Adsense Youtubers VS Adsense Blogger, Lebih Menguntungkan Mana?-Seperti yang kita ketahui, saat ini Youtube maupun blogger sama-sama bisa digunakan untuk mendapatkan uang jika dihubungkan dengan Adsense. Youtube dan Blogger tentu saja memiliki platform/konten berbeda. Youtube menggunakan konten berupa video sedangkan blogger berupa tulisan.

Lalu antara Adsense Youtubers VS Adsense blogger, lebih menguntungkan mana buat kita? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Walaupun akun Youtube dan blogger bisa digunakan sebagai media iklan Adsense,  tentu saja keduanya memiliki beberapa perbedaan. Dari beberapa perbedaan ini, kita bisa mengambil kesimpulan, kira-kira lebih cocok yang mana buat kita.

1.    Media Yang Digunakan Berbeda

Perbedaan yang mendasar dari Adsense Youtubers dengan Adsense blogger terletak pada platform yang digunakan untuk menampilkan iklan. Jika blogger menggunakan media tulisan, Youtube menggunakan media yang lebih mudah yakni video.

Adsense Youtubers VS Adsense Blogger, Lebih Menguntungkan Mana?



Faktanya, kini orang lebih suka menonton tampilan visual dan audio daripada harus membaca tulisan. Bahkan banyak orang yang lebih memilih menggunakan youtube sebagai sumber referensi berbagai topik daripada harus membaca artikel dengan ratusan kata. Hal ini disebabkan karena informasi yang disampaikan melalui video lebih mudah dipahami daripada melalui tulisan.
                                                                                                                                                   Baca juga: 



2.    Sistem Pendaftaran Adsense

Sistem pendaftaran Adsense di Youtube dinilai lebih mudah daripada sistem pendaftaran Adsense blogger. Anda juga tidak perlu repot-repot memasang script kode iklan di akun Youtube karena iklan sudah terpasang otomatis di chanel video Youtube Anda. Yang perlu Anda lakukan hanya membuat dan mengupload video kemudian jadikan akun Youtube Anda untuk menghasilkan uang (monetize).

3.    Proses Optimasi SEO Berbeda

Jika Anda memiliki Adsense blog, untuk mengoptimalkan SEO blog Anda harus membongkar pasang kode HTML untuk menempatkan iklan di blog. Sedangkan pada akun Adsense Youtubers, Anda tidak perlu melakukan semua itu, cukup sediakan judul yang menarik, tag, kategori dan deskripsi pada chanel Youtube Anda.

Dengan kata lain, Anda tidak memerlukan banyak otak atik trik SEO untuk mendapatkan banyak pengunjung karena pengunjung akan datang dengan sendirinya jika video yang Anda buat dinilai menarik dan unik.

4.    Posisi Penempatan Iklan

Pada Adsense blogger, iklan bisa ditempatkan di bawah header judul artikel, di akhir artikel atau di sidebar halaman website. Sedangkan akun Adsense Youtubers menyediakan beberapa posisi untuk menempatkan iklan seperti di sidebar atas, di awal video, iklan video yang tampil secara acak pada side bar atau iklan yang disisipkan di dalam video itu sendiri.

Hal ini tentu saja membuat Adsense Youtubers memiliki peluang lebih besar untuk dilihat dan diklik pengunjung daripada iklan Adsense blogger.

5.    Memiliki Potensi Viewer Yang Berbeda

Ketika mengupload video berjudul bahasa Inggris ke chanel Youtube, potensi video tersebut dilihat oleh penonton dari seluruh dunia terbuka lebar. Hal ini berbeda jika dibandingkan ketika kita memposting suatu tulisan ke website yang kita miliki. Potensi pembaca website kita lebih besar berasal dari pengunjung yang menggunakan bahasa yang sama atau minat yang sama saja.

Kesimpulan

Seperti halnya adsense blogger, dalam youtube pun, nominal nilai dollar yang kita dapatkan pun bisa berbeda, tergantung dari kualitas video yang diupload tersebut. Jika video yang diupload dibuat menarik dan unik tentunya akan mendatangkan pengunjung lebih banyak daripada video yang biasa-biasa saja.

Jadi mana yang lebih untung? Yang paling menguntungkan adalah, melakukan sesuatu yang sesuai dengan pasion kita. Jika anda hobi menulis, mungkin yang tepat anda memilih memonetasi blog adsense, tapi jika anda hobi bikin video, ya tentunya lebih cocok ke youtube.


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Adsense Youtubers VS Adsense Blogger, Lebih Menguntungkan Mana?"

  1. Kalau menurut mas enakkan main Youtube Adsense apa Blogger Adsense nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut pengalaman saya sih sama aja gan, cuma youtube lebih cepat di aprove aja daripada blog yang lebih lama review nya, youtub lebih cepat tampil iklan nya asal tidak melanggar TOS adsense

      Delete
  2. Kalo menurut saya sih enak blog, karena memang passion saya blogger. Jadi, intinya kenali dunia kamu. Thanks atas sharenya bro.. Sukses selalu

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus