Tiga Langkah Untuk Menjadi Selebriti Blogger

Aktivitas blogging tidak terlepas dari kegiatan menulis artikel blog. Tulisan blog inilah yang menandakan adanya „kehidupan‟ sebuah blog. Dan gaya penyampaian tulisan Anda akan menjadi pembeda dan memberi keunikan tersendiri dalam pergaulan blogosphere. Untuk level lebih lanjut, tulisan Anda berpeluang menjadi sumber penghasilan layaknya jenis bisnis online  lain seperti adsense, affiliasi, MLM online, jualan ebook, toko online dan sebagainya.


MELATIH KEMAMPUAN MENULIS

Saya mulai dengan anggapan dasar bahwa menulis adalah aktivitas kompleks. Kegiatan ini melibatkan beberapa indera sekaligus.Mata, telinga, hidung, hati hingga perasaan terlibat di dalamnya. Pada kenyataannya, menulis bukan sekedar merangkai kata menjadi kalimat. Lalu kalimat menjadi  paragraf dan seterusnya. Untuk tujuan jangka panjang, tulisan-tulisan Anda akan banyak berbicara dan mewakili  keberadaan Anda di dunia maya.


Setidaknya, ada tiga hal yang berhubungan dengan menulis, baik menulis artikel blog, buku cetak maupun artikel media massa.

1. Menulis sebagai ilmu.
Menulis ada teorinya. Terdapat aturan, kaidah dan pakem yang membedakan satu tulisan  dengan lainnya sehingga memunculkan beberapa kategori tulisan. Dan ini bisa dipelajari. Kalau Anda belum paham jenis=jenis tulisan, tidak ada salahnya Anda pelajari sejak sekarang. Baik  melalui buku cetak, pencarian Google, buku elektronik, seminar dan media lainnya.


2. Menulis sebagai seni.
Kalau sudah bicara seni, hal ini akan memasuki kawasan pribadi yang tidak dapat di intervensi  siapapun. Menulis menjadi bentuk perwakilan diri dalam komunitas tertentu. Uniknya, tidak ada label baik ataupun buruk. Yang ada hanyalah diterima ataupun tidak diterima masyarakat.


3. Menulis sebagai keterampilan.
Kemampuan menulis tidak hadir dalam sekejap dengan mengucapkan mantra sim salabim abra  kadabra. Dibutuhkan latihan yang berulang-ulang dan ketekunan supaya kemampuan menulis benar-benar terasah. Meluangkan waktu satu jam tiap hari khusus untuk menulis bisa menjadi  langkah awal yang bagus. Asal rutin ya. Kalau sekarang bisa menulis selama tiga jam lalu libur  seminggu, sama saja bohong.


Tak ada salahnya kalau sesekali Anda mengikuti pelatihan menulis yang sering diadakan Event Organizer di kota Anda. Tidak harus dari penulis terkenal. Karena kemampuan bukanlah warisan dari pesohor, melainkan murni hasil kerja keras Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah  suasana kondusif yang mendukung terciptanya iklim berpikir yang membawa prospek ke depan.


Apakah tiga hal di atas terlihat sulit? Tergantung cara berpikir Anda. Kalau sejak awal berpikiran  sulit, maka sampai kapanpun Anda tidak akan mampu menulis artikel secara rutin. Sebaliknya, anggap saja aktifitas ini sebagai cara asyik mengekspresikan diri. Narsis sedikit nggak masalah  kok. Ingat! Setiap blogger adalah  artis.


Kok bisa? Setiap Blogger Adalah Artis Penulis sebuah artikel bisa diibaratkan sebagai artis penyanyi atau kelompok musik yang  membuat album lagu. Supaya albumnya laris manis, lagunya harus mudah diingat dan  dipahami dengan sebuah lagu utama yang dijagokan. Cover album juga harus menarik dan menunjukkan karakter khas si artis. Akan lebih cepat beken lagi jika membuat video klip dengan model ternama macam Sinta dan  Jojo “Keong Racun” , tampil di infotainment, promo ke wilayah basis penggemar dan menjadi komentator ajang pencarian bakat.


Ada kalanya Anda kesulitan mengatur jadwal kerja, agar urusan mencipta lagu dan cari job  tidak campur aduk, perlu seorang manajer yang bisa dipercaya seperti saudara, suami, isteri,  orang tua, profesional ataupun  manajemen artis. Nggak usah gengsi menjadi band pembuka untuk band yang sudah ngetop untuk  mendompleng popularitas. Yang penting tampil, perkara jadi bintang atau bukan, itu urusan  belakang. Kalau ada permintaan yang sedikit meribetkan, ikuti saja sepanjang masih dalam  batasan tertentu. Puaskan penggemar dengan foto bareng, tanda tangan dan aktivitas yang  mendekatkan Anda dengan penikmat karya Anda.


Nah, jika sudah terkenal buatlah album kedua, ketiga dan seterusnya. Manfaatkan momentum  kebangkitan untuk menjadi the next superstar!
Begitu pula penulis artikel, baik untuk ditampilkan di blog pribadi maupun media massa. Anda harus merasa menjadi artis supaya segenap langkah terasa istimewa dan membawa energi positif bagi komunitas yang Anda tempati.

Sebagai seorang narablog, idealnya Anda membuat tulisan yang mudah dimengerti dan menarik pada bagian judul, mewakili isi pesan yang ingin disampaikan, memberi manfaat dan membuat pengunjung kecanduan membaca tulisan Anda. Supaya tulisan Anda tampil di halaman depan pencarian Google, maka rajin-rajinlah submit URL artikel ke social bookmark, jejaring sosial dan portal berita. 

Mengunjungi blog tetangga adalah bentuk promosi alami supaya artikel terbaru Anda dibaca. Ini masih relevan untuk dipraktekkan hingga hari ini. Nggak ada salahnya menjadi penulis tamu untuk mendompleng popularitas blogger yang sudah mendapat label master. Selain supaya ketularan imbas kepercayaan dan personal branding, hal ini juga untuk menunjukkan Anda bukanlah blogger biasa-biasa yang umumnya jago kandang.


Satu hal lagi, jangan malas atau minder kalau diajak ketemuan offline alias kopdar antar blogger. Bila memungkinkan, sebulan sekali Anda harus membuat jadwal bertatap muka dengan blogger lain untuk bertukar pikiran.

Demikian artikel kali ini tentang  Tiga langkah untuk menjadi selebriti blogger








sumber: www.duniadownload.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tiga Langkah Untuk Menjadi Selebriti Blogger "

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus