Memperbaiki Komputer PC yang Tidak ada Tampilan Display Nya

Memperbaiki Komputer  PC yang Tidak ada Tampilan Display Nya - Setiap Pengguna komputer pasti setidaknya pernah mempunyai pengalaman mengenai permasalahan booting ketika anda pertama kali menyalakan komputer. Salah satunya adalah komputer yang tidak ada tampilan gambar sama sekali.

Katakanlah anda seorang pemula dan hanya mengetahui sedikit pengetahuan mengenai perangkat keras komputer, dan anda penasaran untuk memperbaikinya sendiri sebelum dibawa ke orang yang lebih professional atau tempat servis. Mungkin panduan dibawah ini akan membantu anda dalam memperbaiki atau setidaknya mengenali bagaimana permasalahan yang terjadi.

Cara yang paling umum mengenai  komputer ” tidak bisa menyala” adalah ketika PC sebenarnya mempunyai daya listrik tetapi tidak menampilkan apa-apa pada monitor .


Anda melihat lampu pada casing komputer , mungkin mendengar gerakan  yang berjalan dari dalam , dan bahkan mungkin mendengar suara , tapi sama sekali tidak ada apapun yang muncul di layar Anda .
Ada beberapa kemungkinan mengapa monitor anda tidak menampilkan informasi sehingga sangat penting bahwa Anda melangkah melalui beberapa proses yang diuraikan disini.

Bagaimana Untuk Memperbaiki Komputer yang Tidak ada tampilan sama sekali ???

Hal yang pertama anda lakukan adalah menguji monitor anda . Sebelum Anda mulai mengatasi masalah yang  lebih rumit dan dan menyita waktu dengan sisa komputer Anda , pastikan monitor Anda bekerja dengan benar . Hal ini sangat mungkin bahwa komputer Anda ternyata bekerja dengan baik dan monitor tersebut tersebut justru  menjadi masalah Anda .

Pastikan bahwa PC Anda telah sepenuhnya mempunyai daya listrik . Kadang kala kita lupa ternyata power on-off dibelakang PSU belum tereset pada mode on. Sering kali komputer akan muncul ketika kita memencet tombol wake-up yang sebenarnya itu hanya mengalami mode Standby / Sleep atau Hibernate mode hemat daya pada Windows .

Memecahkan penyebab dengan kode suara bip ketika komputer pertama kali hidup,  jika Anda cukup beruntung untuk mendapatkan satu bunyi suara mungkin anda akan mengetahui masalah dari komputer tersebut.  Sebuah kode bip akan memberi Anda ide yang sangat baik untuk mencari penyebab komputer.

Clear  CMOS. Hapus  memori BIOS pada motherboard Anda yang akan mengembalikan  pengaturan BIOS ke tingkat default pabrikan mereka. Salah satu penyebab komputer anda tidak ada tampilan mungkin saja dari kesalahan konfigurasi BIOS sebagai penyebab  PC Anda tidak akan startup .



Pastikan saklar tegangan listrik diatur dengan benar. Jika tegangan input untuk catu daya tidak benar (berdasarkan negara Anda) maka komputer Anda mungkin tidak bisa aktif sepenuhnya. Ada kemungkinan baik bahwa PC Anda tidak akan menyala sama sekali jika switch ini ternyata  salah dan tegangan listrik yang tidak benar juga dapat mencegah komputer Anda memulai dengan normal.



Cabut dan Pasang kembali Hardware bawaan didalam komputer anda seperti  RAM/Slot Memory, Kartu VGA, dan lain-lain.sebelum memasangkan kembali hardware tersebut, coba untuk dibersihkan terlebih dahulu dari kemungkinan adanya debu dengan menggunakan kuas halus. Metode Reseating ini  menjadi solusi yang cukup efektif untuk memperbaiki komputer anda jika mengalami masalah kemungkinan tidak ada display.


Ulangi lagi pemasangan CPU hanya jika Anda menduga bahwa mungkin telah ada kemungkinan  longgar atau mungkin belum diinstal dengan benar . juga periksa pasta jika kemungkinan pasta di cooling Fan ternyata sudah kering.



Periksa penyebab kemungkinan arus  pendek  listrik di dalam komputer Anda . Hal ini sering menjadi penyebab masalah karena arus  pendek tertentu juga dapat mencegah komputer Anda dari boot sepenuhnya atau tidak menunjukkan apa-apa pada monitor .

Menguji power supply Anda . Periksa kemungkinan PSU anda masih berfungsi dengan baik . PSU cenderung menyebabkan lebih banyak masalah daripada perangkat keras lainnya . Untuk melihat Apakah PSU anda masih normal atau tidak, anda bisa memakai PSU yang lain dan coba tes di komputer anda kemudian lihat apakah berjalan dengan normal atau masih bermasalah.


Memulai komputer Anda dengan perangkat keras yang penting saja. Maksudnya di sini adalah anda mulai mengelompokan hardware tertentu saja sehingga masalah yang muncul setidaknya akan kelihatan dari hardware mana saja. Contohnya anda memulai menyalakan komputer dengan hanya prosesor, mainboard  saja, lihat apakah ada bunyi atau tidak ada sama sekali. Kemudian coba pasang memori dan nyalakan kembali pc anda, lihat apakah sudah normal atau belum.

Langkah ini cukup mudah bagi pemula untuk dijalankan, tidak harus memakai peralatan khusus, dan dapat menyediakan Anda dengan banyak informasi yang berharga.

Menguji hardware komputer Anda dengan menggunakan kartu Power On Self Test . Jika PC Anda masih tidak menampilkan informasi di monitor Anda dengan apa-apa Kartu ini  akan membantu mengidentifikasi permasalahan hardware yang error.

Mengganti setiap bagian dari perangkat keras penting di komputer Anda dengan Hardware cadangan yang  identik atau setara perangkat keras tersebut(yang Anda tahu bekerja), contohnya, jika anda mempunyai Memori cadangan, anda boleh memakai memori tersebut untuk dipasangkan pada mainboard, atau jika anda mempunyai kartu vga yang slotnya sama dan masih berfungsi baik, anda bisa memakainya terlebih dahulu untuk mengidentifikasi kemungkinan dari kartu grafis anda yang lama.

Akhirnya, jika semuanya gagal, Anda mungkin perlu mencari bantuan profesional dari layanan perbaikan komputer atau dari dukungan teknis produsen komputer Anda.

Demikianlah artikel kali ini tentang cara Memperbaiki Komputer  PC yang Tidak ada Tampilan Display Nya, semoga membantu dan bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memperbaiki Komputer PC yang Tidak ada Tampilan Display Nya"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus