Tips Membuat Komputer Lebih Cepat Dengan Cara Yang Sederhan

Anda pasti sering mengalami kinerja komputer atau laptop yang lambat, padahal hardware yang anda miliki sudah sangat cukup untuk menjalankan aplikasi terbaru atau pun memainkan game-game high-end. Banyak hal yang menyebabkan komputer anda menjadi lambat, mulai dari temporary files yang banyak, disk management yang tidak teratur, hingga windows start-up yang terlalu banyak. Bagaimana solusinya agar bisa bekerja cepat kembali? Berikut tips untuk membantu anda agar komputer bisa bekerja secara normal kembali.



1.Window Update
Mengupdate Window adalah hal yang sangat penting, agar kinerja windows semakin bagus dan tidak mudah untuk disusup program yang tidak dikenal seperti malware ataupun virus.



2.Menonaktifkan program pada start up items
Menonaktifkan startup item adalah salah satu cara yang terbaik untuk melepaskan beban dari komputer Anda dan dengan cepat membebaskan sumber daya yang tidak perlu. Item pada startup ini tidak hanya menyedot sumber daya sistem mereka juga sering menyebabkan komputer Anda untuk boot lagi . Kadang-kadang hal ini juga menyebabkan loading window start up cukup lama.
Untuk menonaktifkan Window start up, anda hanya tinggal mengklik Window +run



kemudian ketikan “msconfig”. Kemudian akan muncul system konfigurasi pada panel,lihat bagian start up, anda bisa mendisable program yang tidak anda inginkan yang sering kali muncul pada start up window. Klik apply, dan ok, kemudian restart window.



Untuk  Windows 8.x  jika anda menggunakan ” sysconfig ” ,anda hanya perlu memakai  “ Task Manager “, yang lebih mudah diakses ketika sudah ada panel taskbar, klik bagian start up, pada bagian ini anda akan melihat program apa saja yang akan berjalan ketika window start. Anda bisa mendisable beberapa program yang anda anggap tidak perlu, supaya komputer anda bisa bekerja secara maksimal.


3.Disk Clean up
utilitas”Disk Cleanup ”  adalah alat yang sangat sederhana yang memungkinkan Anda dengan cepat menghapus hal-hal seperti file-file sementara dan cache yang sehingga Anda dapat membebaskan ruang pada hard drive Anda dan memungkinkan komputer anda terbebas dari ruang spasi yang tersembunyi.

Untuk Window 7 , anda hanya tinggal hanya tinggal membuka Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools.

Pada Windows 8.x , Anda memiliki beberapa pilihan . Yang paling mudah adalah dengan menekan tombol  “ WIN ” dan ketik ” disk cleanup ” dan kemudian pilih ” Free up disk space by deleting unnecessary files “.



4.Uninstal Program yang tidak perlu atau jarang dipakai.
Kadang kala aplikasi yang sudah terinstal dalam komputer anda sama sekali tida ada kegunaannya, atau anda hanya menggunakannya sekali saja, kemudian aplikasi tersebut tida berguna lagi. Atau juga banyak aplikasi yang mirip satu sama lain, namun anda install semuanya, padahal hanya dengan satu aplikasi saja, anda sudah cukup untuk menggunakan aplikasi tersebut.
Hal inilah yang membebankan ruang hardisk anda dan kinerja komputer pun melambat karena banyaknya program. Untuk itu, anda perlu menonaktifkan program yang anda rasa tidak perlu dan menghapusnya dengan cara menguninstall program.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara :
Masuk ke control panel, dan masuk ke bagian program, disini anda akan melihat banyak program, klik salah satu, dan tekan tombol uninstal.


5.Disk Maintenance
Hardisk anda perlu ditata dan dipelihara, agar tata letak dan ruang penyimpanan bisa diatur sedemikian rupa supaya kinerja komponen hardisk anda masih tetap bagus dan tidak lambat. Salah satu program untuk disk maintenance adalah disk defragment. Program bawaan window ini sudah lama ada, dan kadang kala orang banyak lupa bahwa program ini sangat berguna untuk komputer anda sendiri.



6.Memeriksa Hard Drives Anda secara teratur
Menjaga dan memeriksa hard disk anda secara teratur menjaga agar pc anda  tetap normal dan mengantisipasi kemungkinan jika hard disk anda ternyata dalam kondisi tidak normal. Hal ini sangat penting agar anda terhindar dari kemungkinan terburuk, seperti kerusakan hardware.

Untuk melakukan hal ini, anda hanya tinggal mengetik “cmd” pada consol “run”



Lalu ketikan “diskdrive get status”. Jika anda melihat status ok semuanya, berarti kondisi hardisk anda masih tetap bagus.

Nah, hal yang sudah dipaparkan di atas setidaknya akan membuat kinerja komputer /laptop anda bisa bekerja kembali secara normal atau mungkin lebih cepat dari biasanya. Jika anda memiliki aplikasi lain selain program yang sudah ada, hal tersebut sangat bagus dan menjadi nilai tambahan agar komputer tetap terjaga dari kemungkinan yang terburuk.

Dan satu hal yang tidak terlupakan supaya kondisi komputer anda selalu baik, yaitu, selalu membersihkan debu pada hardware komputer seperti Casing, Mainboard, VGA dll secara teratur, supaya komputer anda tetap bersih dan kinerja hardware tetap bagus.

Demikianlah artikel kali ini tentang Tips Membuat Komputer Lebih Cepat Dengan Cara Yang Sederhana,semoga bermanfaat.



Dari berbagai sumber:
http://owan7-sevencool.mywapblog.com/cara-sederhana-untuk-membuat-komputer-an.xhtml

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membuat Komputer Lebih Cepat Dengan Cara Yang Sederhan"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus