SIM C sepeda motor akan berubah

Hai sobat blogger semua, kali ini saya akan memberi info tentang pembuatan Surat izin Mengemudi atau SIM, Bahwa akan ada perubahan untuk pembuatan SIM baru dan perubahan SIM yang telah ada saat ini.

Mulai 1 mei 2016 kepolisian mulai menerapkan peraturan baru untuk Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk roda dua yaitu akan dibagi  menjadi 3 kategori atau 3 jenis SIM, Yaitu SIM C, SIM C1 dan SIM C2, pembagian tersebut  berdasarkan atas kapasitas cc mesin sepeda motor nya , berikut ini adalah kategori nya


1.SIM C
Untuk sobat yang mempunyai SIM C hanya bisa di pergunakan untuk sepeda motor mempunyai kapasitas cc hanya sampai 250cc

2.SIM C1
Untuk sobat yang mempunyai sepeda motor 250cc-500cc anda wajib mempunyai SIM C1dan tidak dapat lagi menggunakan sim C biasa, tapi harus menggunakan SIM C1 dan harus membuat atau upgrade SIM C nya.



3.SIM C2
Yaitu SIM khusus sepeda motor berkapasitas cc mesin di atas 500cc jadi kalau sobat punya motor Harley Davidson Atau kawasaki ninja 1000cc wajib menggunakan sim C2.

Untuk sobat yang ingin membuat sim C1 dan C2 sobat harus memiliki sim C biasa dulu sebagai SIM dasar,
Penerapan SIM C baru tersebut sudah pasti tapi untuk waktu nya masih simpang siur dan masih belum jelas mulai kapan dilaksanakan nya.

Selain itu dengan tindak lanjut peraturan kapolri No.9 Tahun 2012, pasal 28 Tentang masa berlaku sim, Maka Kakorlantas polri mengeluarkan surat telegram, No: ST/271/II/2015 diperbaharui dengan  No: ST/2652/XII/2015  tgl 18-12-2015, surat tersebut berisi bahwa mulai 1 januari 2016 perpanjangan sim dapat dilakukan sebelum masa berlaku nya habis dan tenggang 14 hari sebelum tanggal habis masa berlaku nya. Dan untuk SIM yang habis masa berlaku nya dapat diperpanjang tidak dapat melebihi batas waktu 3 bulan sejak waktu tanggal habis masa berlaku.
Dan hal ini berbeda dengan peraturan sebelum nya  yaitu yang masih bisa memperpanjang masa berlaku sim  dengan batas waktu 6 bulan sejak habis masa berlaku.

Demikian sobat info untuk pembuatan sim baru saat ini, semoga membantu dan bermanfaat



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SIM C sepeda motor akan berubah"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung,Berkomentarlah dengan sesuai topik dilarang berkomentar dengan tidak sopan, tidak senonoh ,pornografi dan Sara,menyertakan link aktif akan otomatis terhapus